Tips Buat Suasana Belajar Di Rumah Lebih Menyenangkan

No Comments
Tips Buat Suasana Belajar Di Rumah Lebih Menyenangkan

Pelajar dan pelajar masih harus menempuh pembelajaran jarak jauh (PJJ) akibat pandemi Covid-19 yang belum mereda. Karena sudah lebih dari setahun, tentunya mahasiswa merasa bosan untuk mengikuti pembelajaran dari rumah (BDR). Setiap hari, siswa harus duduk di depan gadget atau laptop (komputer). Namun, belajar dari rumah tidak sepenuhnya mudah. Belajar di rumah penuh tantangan seperti tergoda untuk berbaring, menonton televisi, dan lain-lain.

Agar Tidak Bosan, Siswa Membutuhkan Pointers Agar Suasana Belajar Di Rumah Lebih Menyenangkan

Tips Buat Suasana Belajar Di Rumah Lebih Menyenangkan

1. Usahakan Untuk Menyediakan Tempat Yang Nyaman

Karena di rumah, banyak dari kita yang memilih untuk belajar sambil berbaring di tempat tidur. Berbaring di tempat tidur memang nyaman, tapi nyaman untuk beristirahat. Belajar sambil berbaring di tempat tidur bisa membuat tubuh Anda pegal dan konsentrasi Anda buyar. Anda bahkan bisa tertidur sambil belajar sambil berbaring. Jadi, pilihlah tempat duduk untuk belajar. Pastikan kursi memiliki sandaran dan busa yang nyaman untuk diduduki. Selain itu, sediakan meja yang posisinya tidak terlalu rendah dan tinggi dari posisi duduk Anda.

2. Harus Menyediakan Alat Belajar Jika Anda Terbiasa Meminjam Alat Belajar Dari Teman

Sekarang siapkan alat-alat tersebut sendiri. Alat pendukung pembelajaran dapat memudahkan Anda untuk belajar. Jangan sampai perangkat pembelajaran ini luput dari perhatian sehingga dapat mengganggu Anda saat belajar. Apalagi jika tidak ada fitting yang dibutuhkan, tentu sangat mengganggu.

3. Koneksi Internet Harus Stabil

Untuk mempersiapkan semua materi belajar Anda, hal lain yang harus diperhatikan saat belajar dari rumah adalah koneksi internet. Koneksi internet yang baik dan stabil akan memudahkan Anda untuk tetap terhubung dengan guru dan dosen selama belajar dari rumah. Anda tidak perlu memasang jaringan internet di rumah Anda. Anda dapat menggunakan jaringan internet melalui ponsel Anda. Pastikan juga penyedia telepon Anda menjangkau vicinity tempat Anda tinggal.

4. Sediakan Snack Di Rumah

Kegiatan belajar tentu akan menguras tenaga. Meski secara fisik tidak banyak bergerak, belajar itu melelahkan karena menurutnya. Agar tetap semangat dan tidak lelah saat belajar, sediakan jajanan yang cukup. Siapkan camilan seperti kacang-kacangan, buah, dan camilan berkalori tinggi lainnya.

5. Usahakan Untuk Menjauhkan Hal-Hal Yang Membuat Anda Kurang Fokus

Saat belajar di rumah, Anda tidak boleh lepas dari gangguan yang membuat Anda kurang fokus. Gangguan bisa datang dari televisi, mainan, atau phone. Rumah memang tempat untuk bersantai dan beristirahat sehingga bisa mengalihkan perhatian Anda dari fokus belajar. Saat ini, kurangi aktivitas yang dapat mengalihkan perhatian Anda dari belajar di rumah.

6. Pencahayaan Ruangan Harus Dimaksimalkan

Hal yang satu ini juga penting tentunya agar mata dan kepala kamu tidak pusing, maka dari itu perhatikan pencahayaan di tempat kamu belajar. Jangan sampai ruangan Anda kekurangan penerangan karena dapat merusak mata dan membuat kepala pusing. Selain itu, belajar di tempat yang redup atau gelap akan membuat Anda malas. Mata Anda akan bekerja keras untuk melihat sehingga lama kelamaan akan membuat mata Anda cepat lelah dan mengantuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published.