Cegah Bullying Sejak dini! Hal yang perlu di ketahui soal perundungan.

No Comments
Cegah Bullying Sejak dini! Hal yang perlu di ketahui soal perundungan.

Kasus bullying pasti sudah sering terdengar di telinga semua orang. Kasus bullying menimpa semua negara termasuk Indonesia.

Bullying di sekolah merupakan kasus paling umum, Dampak yang diterima sangat besar, mulai dari prestasi akademis, kehidupan sosial, kesehatan mental dan fisik anak, hingga berakhir pada kematian.

Oleh karena itu, bullying harus dihentikan sekarang juga. Penghentian bullying harus dilakukan semua pihak mulai dari keluarga hingga pihak sekolah.

Bullying saat ini banyak bentuknya, salah satunya cyberbullying di media sosial.
Hal ini dikarenakan anak-anak sangat dekat dengan dunia digital.

Untuk mengatasi hal tersebut, dibutuhkan cara untuk mencegah bullying baik di sekolah, rumah, maupun di dunia maya. Melansir dai akupintar berikut pengertian, jenis-jenis, serta cara mengatasi bullying di sekolah:

Pengertian Bullying

Bullying adalah perilaku agresif yang terjadi berkesinambungan, dimana biasanya satu atau sekelompok orang dalam posisi berkuasa dengan sengaja melakukan tindakan intimidasi, menyalahgunakan, atau memaksa individu lainya guna menyakiti korbannya secara fisik juga secara emosional. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mengatakan bullying atau perundungan adalah tindakan mengganggu, mengusik terus-menerus, dan menyusahkan. perundungan tidak hanya menyakiti secara fisik, namun juga mental serta emosional. perlunya pemahaman orang tua, guru, dan masyarakat luas terkait bullying agar anak dapat menghindari tindakan tersebut.

Jenis-Jenis Bullying

  • Verbal Bullying (Perundungan Verbal)
  • Physical Bullying (Perundungan Fisik)
  • Social Bullying (perundungan Sosial)
  • Cyber Bullying (Perundungan Dunia Maya)
  • Sexual Bullying(Perundungan Seksual)

Setelah mengetahui jenis-jenis bullying diharapkan guru dan orang tua bisa lebih terdukasi. Namun, tidak hanya jenis bullying sebaiknya contoh bullying juga diberitahukan agar kejadian ini tidak terus berulang.

Cegah Bullying Sejak dini! Hal yang perlu di ketahui soal perundungan.

Cara Mengatasi bullying di sekolah

Sekolah adalah tempat yang sangat rentan terjadinya aksi perundungan. Oleh karena itu, tidak hanya orang tua, namun warga sekolah harus mengambil langkah untuk menghentikan bullying. bila kasus bullying sudah terjadi, maka sebaiknya jangan ragu untuk langsung menghentikanya.

Categories: Pendidikan